Friday 5 July 2013

Make a Puang Ma Hod, friends from thailand.




 


Setelah ngerjain UAS , hari itu rencananya mau mbahas tentang bikin video buat penutupan asisten praktikum. Karena janjian siang, aku dan Afif temen sekelasku makan siang dulu sambil nunggu ntar siang. Setelah makan, saat mau cari tempat buat nongkrong sampe siang, eh ada bapak-bapak pegawai FTP bagian keuangan manggil-manggil mahasiswa di Slasar. Katanya suruh kumpul deket pintu lobby buat dengerin presentasi mahasiswa dari Thailand mau ngomong. Ngomong apaan pak? Sampe kita harus kumpul? Tapi karena penasaran ada orang asing, nyoba-nyoba ndeket ke Slasar dulu deh. Dan itu semacam krik krik banget nggak ada banyak anak yang ngumpul padahal bapak bagian keuangan tadi dah ngajak-ngajak. Ya cuma ada sekitar 8 anak yang disana termasuk aku, sepertinya mereka juga nggak ada kerjaan dan penasaran ada apaan. 

Oke, jadi ternyata di deket depan pintu lobby itu ada dua orang mahasiswa Thailand, cowok pake baju putih celana item semacam yang pernah aku pake waktu jaman Ospek dulu. Tapi model lebih mirip Salesman. Ok, setelah telusur punya telusur ternyata itu seragam mereka. Di Thailand sendiri untuk mahasiswa, mereka diwajibkan tetap pakai seragam lho… dan itu keliatan rapi sih. Selain dua orang mahasiswa Thailand tadi, ada guru ato dosen entah yang jelas beberapa ibu-ibu kayaknya sih dosen dari Thailand juga dan beberapa pegawai fakultas. Dan ketika disuruh ngumpul itu, ternyata dua orang mahasiswa tadi ingin mempresentasikan dan mengajarkan kepada kita yang 8 orang tadi untuk membuat something. Kukira apa gitu, mereka bawa peralatan dan bahan sendiri, pertama kukira mau main sulap, soalnya dari gaya mereka sambil berdiri, sambil gerak-gerakin tangan kayak memperagakan mau ngeluarin burung dari telapak tangannya. Dan mereka nggak malu diliatin mahasiswa yang sliwar-sliwer (red: mondar-mandir), secara itu didepan pintu lobby yang emang fungsinya buat jalan, haduuuh. Mereka sih nggak malu, lha kita yang bagaikan orang polos karena cuma berdelapan yang ada disana dengan gumunnya (red: herannya) merhatiin 2 orang mahasiswa Thailand tadi, karena dosen mereka dah pergi ke dalem gedung dan para pegawai fakultas tadi cuma nglitain dari jauh memisahkan diri nggak mau gabung dengan kita. Weh wagu sekali bapak-bapak itu.


 







Dan aksi selanjutnya kita disuruh duduk lesehan didepan pintu lobby. Tuh kan tuh kan, tambah aneh aja ni aksi mereka. Alhasil sekarang mau gak mau jadi pusat perhatian karena yang mau lewat pintu lobby harus nglewatin kita yang udah menuhin satu jalan pintu. Kemudian mereka ngasih kita beberapa lembar kertas tipis sejenis kertas buat mbungkus geplak atau kertas tipis yang bisa untuk bikin bendera waktu kita kecil dulu. Kita lalu milih warna merah dan putih mewakili warna bendera Indonesia. Yup, ternyata kita akan diajarin buat bikin Thung Lanna Thai, sejenis kerajinan bendera kertas bermotif dengan teknik gunting gitu deh, biasanya dipakai buat acara festifal atau acara kebudayaan di Thailand. Asik juga diajarin gini, tapi yang aku bingungin itu kenapa mereka sebagai mahasiswa ngajarin kita yang juga mahasiswa buat bikin kerajinan tangan, persis kayak guru TK ngajarin murid-muridnya. Kok ya nggak ngajarin sesuatu yang lebih “berat” mungkin, kan ya eman-eman jauh-jauh dari Thailand kita Cuma diajarin bikin kerajinan sih. Ya biarin deh, yang penting have fun aja, itung-itung jadiin pengalaman aja. 

Yup, setelah lipet sana lipet sini, gunting sana gunting sini akhirnya jadi satu deh punyaku. Simpel dan asikin aja. Yeah. Setelah praktek kreasi melipat dan menggunting kertas, ditutup dengan foto bersama. Eh ternyata ada yang ikut foto juga , sialnya aku malah lagi kekamar mandi dan begitu balek dan bubaran kumpul-kumpul prakteknya. Ya begitulah ya sudah, trus malah ngajak-ngajak ngobrol ma anak-anak Thailandnya, namanya Don dan Udin. Nama yang aneh, apalagi yang Udin. Ngeh nggak sih kalo Udin itu Indonesia , jawa banget malah. Katanya sih bisa dipanggil Udin atau Mic. Apaan, Mic? Oke terserah mau namanya apaan mereka.
Jadi kita (anak-anak yang diajarin bikin kerajinan kertas ) ngobrol-ngobrol dari yang ngomongin kuliah di FTP, ngomongin artis Thailand kayak yang main di ATM error sama yang di Suck Seed, pasti mereka mikir bangga film-film negaranya doyan dikonsumsi di Indonesia. Kita juga saling belajar bahasa masing-masing. 

Oke sedikit review ni, itung-itung tambah pelajaran:

 Belajar Bahasa Thai [Pelajaran Pertama]

satu = neng
dua = song
tiga = saam
empat = si
lima = ha
enam = houk
tujuh = chet
lapan = ped
sembilan = kaw
sepuluh = sib

sawaddi krab/kha = selamat sejahtera ( "krab/khab" ditutur oleh boy dan "kha" ditutur oleh girl)
Selamat Pagi = Arun Sawad
Selamat Malam = Ratree Sawad
Selamat Tinggal = La korn
Apa Khabar? = Sabai di Mai?
Khabar Baik = Sabai di
Terima Kasih = Khob Khun
Terima Kasih (diucap oleh lelaki) = Khob Khun Krab (ada kalanya disebut Khob Khun Khab)
Terima Kasih (diucap oleh perempuan = Khob Khun Kha
Awak tinggal di mana? = Khun ju thi nai
Awak dari mana? = Khun ma chak nai
Bolehkah awak cakap bahasa Thai? = Khun phud phasa Thai dai mai?
Ya (diucap oleh lelaki) = Krab/Khab
Ya (diucap oleh perempuan = Kha
Ya = Chai
Boleh = Dai
Tidak = Mai
Tidak boleh = Mai Dai
pergi = Peai/pai
mari = Ma
Rumah = Ban
Wang = ngen
Market = Talat
Ini Berapa? = Ni thau rai?
Itu Berapa? = Nan thau rai?
Mahal = Pheng
Murah = Thook
Banyak = Mak Mak (kalau nak ucap terima kasih byk2, ucap la "Khob Khun Mak Mak")
Sikit = Nid Noi
Senyum = Jim (kalau nak suruh awek senyum sikit, korang cakap la "Jim Noi")
saya (ditutur oleh girl) = chan
saya (ditutur oleh boy) = phom
cinta = rak
Suka = chob
kamu = ther
saya cintakan kamu/awak = chan/phom rak ther
saya suka awak = chan/phom chob ther
cik/awak = Khun
Dia = Khau
 


Dari sekian itu, kita diajarin yang dasar-dasar aja sih, kayak sapaan salam, menanyakan umur dll. Tapi emang susah nangkep ya akunya sih cuma hafal salam aja “Sawatkha” à tapi mbacanya malah jadi sawatikha *sambil pake gerakan tangan napak jadi satu kayak mau maafan lebaran gitu deh*. Atau Cuma bisa bilang boomche dan Chanche yang kayaknya sih mengartikan bahwa aku seorang laki-laki atau perempuan.

Setelah ajang belajar bahasa, ternyata Don dan Udin bagi-bagi uang koin Thailand, dimana satu baht itu 2ribu. Dan aku telat dikasih, sempet ngingetin kalo aku belum dapet dengan gak tau malunya, hehe. Eeh karena kayaknya enggan, aku coba barter pake uang kertas dua ribuan dituker ma uang koinnya mereka biar mereka terkesan liat rupiah gitu. Eh malah mereka lirik-lirikan, tapi malah dikasih 20 baht yang katanya sama kayak 10ribu rupiah. Huehehe .








Wah asik juga komunikasi ma mereka, padahal gak bisa bahasa Thailand, kita pakenya inggris sih ngobrolnya, sama aja aku juga nggak canggih. Kebanyakan yang ngomong si Luqman (salah satu dari kita), kitanya sih dong dong aja, tapi susah ngomongnya pake bahasa isyarat aje lah. Hahaha
Yah berharap besok bisa maen kesana trus ketemuan diajak muter-muter Thailand . Haha Ngarep banget :p



No comments:

Post a Comment