Monday 1 July 2013

Penutupan Praktikum S1 Jurusan TIP 2013




Hari Ujian Akhir Semester kemaren terakhir hari Kamis 26 Juni 2013 , dengan mata kuliah penutup Statistik Industri. Wow banget, lebih sedikit sih soal yang dikeluarkan dari soal UTS kemaren , tapi men tau sendiri lah. Dasarnya emang lemah di itungan... Huhu Jadi soalnya itu cuma 2 nomor, tapi nomor yang kedua itu tentang perhitungan SPSS dimana suruh mencari nilai validitas dan reliabilitas. Nah kalo prakteknya ngitung langsung dikomputer, jadi otomatis. Lha ini aku bingung gimana nyarinya, padahal udah open book sgala. Haduuh nyari rumusnya aja dah brapa menit sendiri. Alhasil baru nyadar harus ngitung manual satu-satu per satuan data disaat waktu tinggal setengah jam-an. Mau dikebut gimana juga udah tau sih gak bakal selsei, tapi ya apa daya lanjut deh. Yang penting haru terakhir deh, dijalanin aja demi semester 4. Haduh malah tambah galau ngomongin akhir semester 4, berdoa aja demi IPK. 

Setelah UAS rampung, ternyata ada undangan untuk acara penutupan praktikum S1 TIP 2013. Acaranya sih cuma penutupan biasa sambil makan-makan, tapi sebelum hari H disuruh buat bikin video persembahan satu Lab cukup satu video aja. Terserah sesuai ide asisten. Tapi ribet juga koordinasi dua kelompok asisten satu laboratorium karena banyak orang berarti susah nyamain jadwal buat bikin, apalagi itu masih dalam suasana UAS. Haduuuh, dari ngumpulin orangnya, mau bikin apa, bingung juga. Yang paling gak banget tuh dikejar-kejar teknisi dan koor praktikum S1 buat cepet ngumpulin videonya. Parah gila. Sebenernya udah bikin tak sempetin lembur pas hari libur, tapi ada yg belum ngumpulin bahan video buat di gabungin jadi satu gara-gara dikira masih lama ngumpulnya. Ya sudah saya kalem-kalem aja. Eh, ternyata belum dibikin dan harus nunggu harap-harap cemas karna takut gak selsei padahal paginya ujian Statind jam 7.30. Sore katanya udah dikirim, tapi aku cek-cek terus email gak ada satupun yang masuk mpe malem, mikir juga gimana video dikirim lewat email gitu pasti lama. Mau baca-baca buat blajar juga jadi gak tenang karna kerjaan belom selsei, akhirnya minta berupa foto aja yang dikirim biar sekalian jadiin satu. Itupun kekirim baru malem karna emang gede file yang dikirim. Makin bete malem baru bisa gabungin foto biar jadi video. Otomatis cuma baca dikit buat blajar. Dan setelah berkutat mpe tengah malem nungguin jadiin format avi biar bisa diputer tuh video, gak tau ada setan apalagi yang bikin leptopnya gak bisa nyelsein proses formatnya. Huaaa kesel banget, udah malem banget, belom sempet blajar statind lagi, dan harus ujian paginya. Rasanya pengen bakar rumah malem itu. Akhirnya harus ngulang bikin lagi pake leptopku, sebelumnya pake tempat mbak ayu karna buat gabungin video, leptopku jadi super lemot dan jadi ngehang berulang kali. Namun Zonk juga ketika pake leptop mbak ayu malah sialnya gak bisa nyelsein format videonya padahal udah finish. Oke yang dibutuhkan cuma sabar, meski sebelnya minta ampun. Ngulang lagi pake leptopku dari awal, awal banget dan ngedit ngepasin potongan video pake feeling aja. Tapi untuk ngedit potongan video di movie maker emang bener-bener gak bisa, jadi nyerah buat dibikin dikampus aja, apapun resikonya. Dan malemnya aku selsein proses format video nya ke avi. 


Dan dengan perasaan masih gonduk gara-gara seret ngerjain Statind, langsung cus ke Lab. Bioind buat nyelsein video yang tinggal dikit itu pake leptop lain, yang jelas bukan leptop penyakitan kayak tempetku. Dan TADAAA!!! selsei juga, wes pokoke rampung meski gak sempurna ang penting ada bahan video buat disetor. Dan telusur punya telusur ternyata gak wajib video yang ditampilin buat persembahan, tapi bisa berupa pertunjukan lainnya. Tapi mau dikata apa, karna emang masih sibuk dikala UAS ya jadi lebih milih bikin video abal-abal.


Akhirnya setelah nunggu beberapa jam, sebelum akhirnya aku dan rombongan berangkat ke Banyumili Resto tempat diadakannya acara penutupan praktikum S1 TIP. Ada yang belum tau Banyu Mili Resto? Kalo namanya sih gak asing lagi, tapi aku sendiri mah belom pernah ke sana hehe. Yuk, kepo dulu, Banyu Mili Resto yang kayak apa!!





Banyu Mili Resto salah satu tempat wisata yang memadukan sajian kuliner dan wahana wisata air. Pengunjung bisa menikmati menu andalan yakni masakan udang, gurameh dan kepiting telur. Selain itu pengunjung bisa berenang di kolam renang ataupun memancing di danau buatan.
Banyu Mili Resto atau juga dinamakan Banyu Mili Country Club terletak tak jauh dari pusat Kota Jogja beralamat di Komplek Perumahan Griya Mahkota Jl. Godean km 4,5 Kwarasan, Sleman. Meski lokasinya tidak ditepi jalan utama, papan petunjuk jalan cukup representatif sehingga memudahkan pengunjung menuju lokasi. Menu yang disajikan antara lain berbagai masakan udang, kepiting, gurameh dan cumi. Tersedia pula ayam goreng, sayuran, nasi goreng, aneka sambal serta aneka minuman. Pengunjung dapat menikmati hidangan di tempat yang diinginkan misalnya di pinggir kolam renang, lesehan, di meja-kursi ruang resto, maupun di gasebo danau buatan.
Untuk kolam renang dikenakan tarif Rp 15.000 per orang. Kolam renang di bagi dua yaitu untuk remaja – dewasa dan anak-anak. Untuk kolam renang anak-anak juga dilengkapi seluncur mini, air mancur, dan mini water byur.
Banyu Mili Resto cocok untuk rekreasi keluarga, acara komunitas, buka bersama saat bulan puasa atau acara pertemuan lainnya. Tersedia juga Ruang Meeting berkapasitas 200 orang. Selain itu Banyu Mili juga dilengkapi dengan fasilitas free hot spot, live music yang didukung dengan LCD dan karaoke, permainan anak seperti Aero Modelling dan bebek air sehingga kita bisa menikmati sajian makan sambil berwisata, asyik kan....

Apik tempatnya, tapi ya kali kita ngicipin semua fasilitasnya. Dateng cuma makan kok, hehe


  





 
 Ada yang aneh gak? Itu tuh ternyata tulisan di spanduknya ada yang ketiup angin, harusnya kan Penutupan Praktikum. Eh malah jadi "Pentupan" haha.
Hayoo tebak siapa 3 orang yang duduk dikursi depan itu?




Acaranya santai sih, dan kabar baiknya kalo ternyata persembahan terbaik dari beberapa Lab. praktikum semester ini seperti Lab. Reka, Sistem Produksi, Lab. Bioindustri dan Lab. Menajemen Sistem Industri adalah LABORATORIUM BIOINDUSTRI!! JENG JENG  JENG JENG!!!!
Huaa gak nyangka, ternyata vidoe abal-abal hasil lembur dan dikebut pagi itu ternyata dapet penghargaan sebagai "Best Perfomance Asisten Instruktur". Ini berkat ada Didit juga yang nampang, untung waktu ambil gambar buat bikin video kita nunggu Didit dateng. Coba kalo gak jadi, hehe. Ya meski jurinya taunya tinggal menikmati , yang penting disyukuri aja. Terimakasih juga buat temen-temen Asisten Instruktur lainnya yang mau nyempetin dateng bikin video, temen-temen yang bantuin bikin video, temen-temen yang udah berusaha setor ide awalnya, temen-temen yang bantuin do'a. Hehe :p


 Cuma dapet piagam penghargaan sih, yang penting tu kebersamaannya. Kenang-kenangan buat temen-temen Lab.Biondustri (Mikrodas dan Biokimia)





 
Jalan-jalan dulu sebelum acara mulai di danau, yang ada mainan bebeknya dan rerumputan hijau :3



 
 Bareng temen-temen Asins Lab. Bioindustri dan mb Rini (teknisi Lab) dan duo MC TIP 2012.
Salam kece!! (^_^)




Semoga apa yang telah kami sampaikan sebagai Asisten Praktikum selama semester 4 kemaren dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman angkatan 2012 dan lainnya. 
Salam TIP Jaya!!

Oya yang mau tau video dari Lab Bioind kayak apa, Nih bisa liat dibawah. Hehe. Sori kalo Jelek dan sedikit Geje dan aneh. :p



No comments:

Post a Comment