Tuesday 25 March 2014

Bowl-Ling Fruit Bar (Sup Buah-Jogja)









Usaha kuliner di Jogja memang sedang menjamur, namun beberapa pilihan usaha kuliner memiliki target pasarnya sendiri. Seperti Bowl-Ling Fruit Bar yang ada di kota Jogja. Untuk mengetahui sejarah, seluk beluk, menu dan keistimewaan usaha satu ini, yuk simak ulasan berikut ini.

Bowl-Ling Fruit Bar merupakan salah satu usaha dibidang kuliner yang berdiri pada tanggal 1 Maret 2013. Sudah satu tahun lebih Bowl-Ling Fruit Bar ini berdiri, dimana Bowl-Ling Fruit Bar ini dibangun oleh dua orang perempuan bernama Vika Martin sebagai pemilik yang khusus memegang bagian marketing dan SDM, serta Rina sebagai pemegang kendali produksi dan keuangan. Sebelumnya, warung sup buah ini bernama Es Ling-Ling hingga akhirnya berubah nama menjadi Bowl-Ling Fruit Bar tidak lama ini. Ide mendirikan usaha ini berawal dari adanya keinginan pemilik untuk melakukan usaha mandiri, kemudian melihat kebutuhan konsumen terutama keinginan mahasiswa baru-baru ini. Selain itu motivasi tersebut didorong pula dengan inspirasi ketika berkunjung ke Semarang dimana terdapat usaha-usaha sejenis. Target pasar mereka yang utama ialah para mahasiswa dan kalangan anak muda pada umumnya yang paling banyak berada di sekitar lokasi usaha.

Bowl-Ling Fruit Bar memperkenalkan dan mempromosikan pertama kali ialah dengan sistem 'mulut-ke-mulut' dimana promosi dari teman sendiri yang sudah pernah berkunjung ke Bowl-Ling Fruit Bar yang kemudian disebarkan kepada teman atau kenalan lainnya. Selain itu dengan cara memperbanyak relasi dan memberikan apresiasi produk lain, kemudian menggunakan media sosial untuk promosi produk, sistem buy one get one dan yang pasti Bowl-Ling Fruit Bar juga kerap mengadakan acara-acara seperti stand up comedy atau acara musik untuk meningkatkan minat pembeli agar berkunjung ke Bowl-Ling Fruit Bar.




Keunggulan yang ditampilkan Bowl-Ling Fruit Bar ini ialah pertama, mereka mengutamakan penampilan. Bagaimana cara mereka untuk menarik pelanggan dengan cara mempercantik penampilan, segi interior tempat, desain sajian menu. Kedua mereka mengutamakan kualitas dari menu yang ada yaitu dari segi rasa mereka menggunakan buah asli dan segar serta tidak menggunakan sirup sebagai pemanisnya karena menggunakan gula asli. Selain itu es atau air yang digunakan menggunakan air matang.

Dari segi tempat yang digunakan sebagai lokasi, Bowl-Ling Fruit Bar memilih lokasi yang dekat dengan keramaian dan tidak jauh dari jalan utama kendaraan. Untuk sistem pelayanan konsumen memang perlu ditingkatkan karena dari segi SDM yang kurang serta tempat yang masih kurang luas untuk menampung pelanggan dan penikmat Bowl-Ling Fruit Bar yang selalu ramai berdatangan.

Menu yang disediakan di Bowl-Ling Fruit Bar terdapat 15 varian rasa sup buah, dimana mereka akan terus merencanakan pengembangan varian rasa dan sistem box take away agar dapat meningkatkan penjualan. 

Untuk rasa dan porsi di Bowl-Ling Fruit Bar dijamin enak dan memuaskan serta masih di taraf kantong mahasiswa.




Kak Vika (baju kuning)

No comments:

Post a Comment