Saturday 14 April 2012

Nglanggeran (Ekowisata Gunung Api purba)

Assalamualaikum wr. wb,

Senang rasanya masih bisa berbagi meskipun hanya sebatas berbagi tulisan dan pemikiran. Hehehe. Itu lebih baik daripada terlalu banyak diam.
Masih berkutat dengan namanya kegiatan perkuliahan atau yang biasa dialami mahasiswa baru semester awal jurusan eksak tentunya, tetep deeeh seputar intrik-intrik pengerjaan laporan. Tapi mahasiswa harus terbiasa dengan semboyan "Siap mendedikasikan hidup kepada laporan" :) Ini biasanya judulnya "Dilema", dengan harus sering-sering menjadwalkan atau membagi waktu akademis dan organisasi dengan beban penjagaan prestasi.

Oke, lanjut. Dalam rangka agenda kegiatan PSDI yaitu up grading PH, maka aku beserta rombongan menuju lokasi tersebut, yaitu wisata bukit Nlanggerang. Tepatnya bernama wisata Alam Nglanggeran di Gunungkidul.
                  Bukit Nglanggeran suatu tempat pegunungan di Gunungkidul yang mempunyai pemandangan yang sangat Indah.Daerah ini terletak di kabupaten Gunungkidul sebelah Utara. Alternatif pertama, dari arah Yogyakarta melewati jalan Yogyakarta-Wonosari Km 20 ,setelah melewati Piyungan maka kita akan melewati jalan yang menanjak dan berkelok-kelok sekitar 3 km panjangnya. Sampai di atas bukit Pathuk ada pemancar radio namanya Radio GCD Bukit Pathuk Gunungkidul. Setelah melewati perempatan sekitar kantor kecamatan Pathuk yang lama kita belok kekiri melewati jalan beraspal sejauh kurang lebih 6 km melewati sederetan antena pemancar penerima stasiun TV dari berbagai setasiun TV Swasta di Indonesia.Sampai di perempatan TAWANG kita belok ke kanan menyusuri jalan beraspal sejauh 2 km sampai di bawah nukit langgeran. Alternatif ke dua dari kantor kecamatan Pathuk yang lama terus menuju jembatan Kali Penthung belok ke kiri melewati jalan beraspal terus ke utara sampai di lokasi bawah bukit Langgeran . Alternatif yang ke tiga lewat Sambi Pitu belok ke Utara lewat SMAN Pathuk terus naik dengan jarak kurang lebih 7 km. Lewat jalan ini diperlukan tenaga mobil tersendiri karena jalannya yang menanjak agak tajam.Lokasi dan pemandangan yang indah sudah bisa kita lihat sejak 1 km sebelum masuk
                  Yups, aku akan promosi ni tempat, hoho. Nglanggeran adalah sekian dari beberapa tempat di Jogja dengan daerah gunung kidul yang berbukit bukit batu dan gunung kapur. Pemandangan di atas bukit keren deh,,,, apalagi gunung-gunung batu yang terlihat keren banget ketika udah sampe di atas... Bagus loo buat foto-foto. Gunung batunya tu kayak yang di kartun Dragon Ball gitu,,,, hohoho

Disetiap beberapa ratus meter tersedia beberapa pos yang difungsikan untuk tempat istirahat para pendaki, jadi bisa istirahat plus liat pemandangan gitu.... Dan jika medan yang cukup sulit seerti batu yang rada tinggi atau celah batu gitu, di sana tersedia tali tambang untuk membantu naik di rute batu tinggi dan anak tangga yang dibuat dari kayu. Tapi ati-ati aja kalo abis ujan, jalan tanahnya licin lhooo harus pake sepatu yang alasnya nggak aus, biar nggak kepleset terus kayak aku. Haha pengalaman.

Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah Gunung Berapi Purba. Kita sudah sering mendengar dan melihat gambar tentang manusia Purba, nah seperti apakah Gunung Berapi Purba??? Lihat keindahan dan Panorama Alamnya di lokasi wisata ini. Bongkahan batu yang menjulang tinggi seperti gedung bertingkat dan mall yang dulunya merupakan gunung berapi aktif ( 60 juta thn yang lalu ) sekarang dapat kita duduki sambil menghirup udara segar sambil berfoto-foto.

SEPUTAR INFO
- Biaya masuk (terakhir up date, April masih Rp 3000)
- Pakailah sepatu, jangan sandal atau high heels, dan sepatunya jangan yang licin
- Bawalah persediaan bekal atau air minum
- Jangan neko-neko :)
- Arah :
   Yogyakarta–> Jalan Wonosari –> Piyungan –> Bukit Bintang (Bukit Pathuk)–> Perempatan    Pathuk/Dlingo belok ke kiri kira2 5-7 km- Komplek Pemancar TV ada perempatan belok kanan ke arah gunung

Fasilitas:
Fasilitas yang terdapat dalam kawasan Ekowisata Gunung Nglanggeran sudah sangat lengkap, sehingga pengunjung yang datang akan merasa nyaman saat berwisata di sini.
1. Posko Kesehatan
7. Fasilitas Ibadah
8. Jalur pendakian
9. Camping Ground

Gunung Api Purba, Ngalnggeran. Again!!