Friday 9 August 2013

ART JOG 2013




ART|JOG merupakan sebuah bursa seni rupa kontemporer yang unik. Berbeda dengan bursa seni rupa lainnya, ART|JOG secara langsung memamerkan karya seni rupa kontemporer Indonesia, mulai dari karya seniman-seniman muda berbakat hingga perupa papan atas Indonesia. Diselenggarakan di Yogyakarta, salah satu kota heritage di Indonesia dengan karakternya yang khas: perpaduan atmosfer tradisi budaya jawa yang kental dan gerak kehidupan kontemporer yang dinamis dan terbuka. Yogyakarta juga dikenal sebagai dapurnya produksi seni rupa kontemporer di kawasan Asia Tenggara. Sebagai art fair yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun, ART|JOG sekaligus menjadi semacam outlet untuk melihat kecenderungan artistik terkini karya-karya seni rupa kontemporer Indonesia.


 









ART|JOG|13 akan mengangkat tema ‘MARITIME CULTURE’. Tema ini merupakan kelanjutan dari tema ART|JOG|12,yaitu ‘LOOKING EAST – A Gaze upon Indonesian Contemporary Art’.Tema ‘MARITIME CULTURE’ diangkat,sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa budaya kelautan adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Negara kepulauan seperti Indonesia. Dengan basis laut sebagai pintu gerbang sekaligus rute perjalanan, maka ada kesadaran bersama sebagai peradaban kelautan, bahwa antar bangsa yang memakai jalur laut untuk saling toleransi, saling menjaga serta saling menghormati laut dan batas wilayah masing-masing. Eksistensi sebuah bangsa maritim berada pada pengakuan tentang eksistensi bangsa lain. Aku ada karena kamu ada, begitu pula sebaliknya.
Di sisi lain, ada peradaban daratan (kontinental). Peradaban ini selalu berorientasi pada perluasan wilayah sebuah bangsa, sehingga yang timbul adalah konflik untuk saling berebut kuasa [wilayah].
Dalam kaitan dengan budaya maritim inilah, Indonesia mempunyai posisi penting dalam arus perkembangan dunia sekarang, baik dari sisi politik,ekonomi, sosial, maupun budaya. Dalam bidang seni rupa, Indonesia juga mempunyai potensi yang sangat besar, karena didukung oleh jumlah seniman yang banyak dan progresif, kegiatan pameran seni rupa yang selalu ada tiap minggu, hingga atmosfer kesenian yang melingkupinya. Hal ini tak lepas dari beragamnya seni tradisi di Indonesia.
(Sumber: http://artfairjogja.com/web/)



 



 
























 















No comments:

Post a Comment