Sunday 4 August 2013

Kegiatan sore Ramadhan




Subhanallah, alhamdulillah ternyata udah mau lebaran bentar lagi. Eaaa sapa yang sudah memborong pahala selama puasa? memborong puasa lho, bukan memborong baju baru mentang-mentang dapet THR trus belanja buat besok lebaran hehehe.





Kali ini aku mau ngomongin TPA binaan di desa ku, dimana eh dimana jadi seorang pengajar dan pembina itu luar binasa susahnya. Jelas, kita dituntut melihat situasi dan lingkungan dengan latar belakang yang berbeda dari segi psikologi, budaya, dan pendidikan. Nyenengin sih bareng adek-adek dibawah umur kita, tapi susah njalaninnya...... Puasa yang menguras energi tuh ya pas ngajar TPA dah ketika tidak ada pembina laki-laki yang mau membuka acara TPA, mau gak mau harus turun tangan sendiri teriak-teriak buat ngatur sebegitu bejinunnya 'cah-cah precil' you know kan 'precil'? gitu deh anak-anak yang super kecil-kecil sak uplik dibawah lima tahun yang punya semangat brangkat TPA. Saya sih tau motivasinya beda-beda, tapi so what yang amanya amalan tetep jadi amalan kok, haha. Jadi problem di desaku itu susahnya melakukan regenerasi sebagai pembina bagi adik-adik TPA. Biasanya kalo udah beranjak SMA dan dah pada lancar al-quran justru dah pada gak mau ke mesjid lagi alesannya malu masak masih ikut TPA, padahal yang dimaksud disini ialah bahwa mereka diharapkan sudah mulai ikut membina adik-adik yang dibawah umur mereka gituuu, eh malah kabur deh. Trus yang santri laki-laki yang dah SMA juga sudah merasa bahwa kalo kumpul dan melakukan kegiatan di masjid sudah tidak lagi dikatakan gaul, dianggap cupu dan akhirnya kebanyakan malah menyimpang dengan melakukan kegiatan nongkrong-nongkrong gak jelas, merokok, dan kumpul-kumpul bikin geng sendiri, haduuuuh ni tambah parah. Memang harusnya ada pembekalan dan pembinanan sendiri bagi yang udah remaja gitu. Klasik deh, masalah sosial -_____-



Jadi intinya karena yang gede-gede banget tinggal yang perempuan termasuk aku, jadi susah melakukan pendekatan ke remaja yang laki-laki untuk melakukan regenerasi,  alhasil hanya tersisa 2 yang sadar, padahal butuh juga tenaga laki-laki buat yang kayak teriak-teriak, pasang muka galak buat ngadepin 'cah-cah precil' yang cowok yang biasanya super bandel tingkat dewa. Kalo aku cuma bisa ngelus ngelus dada deh, udah kalah suara duluan. Beda kasus lagi dengan remaja santri putri yang udah mulai gede yang diharapkan mau meneruskan yang udah berumur kayak saya ini (wess merasa tua beneran ni). Kalo yang putri itu malah dibilang lebih cepet dewasa daripada yang laki-laki, tapi kebanyakan mereka itu masih labil dan udah nalar tapi belum mau melakukan yang seharusnya bener. Selain itu mereka itu tipe-tipenya geng-gengan juga, jadi kalo temennya yang itu gak ikut, ya dia juga gak mau ikut. Dan begitu seterusnya. Sebenernya bisa sih dari kita (termasuk saya) melakukan pembinaan serius untuk para remaja yang dah mulai gede bahkan saya mau memberi trik dan sedikit ilmu, tapi memang terganjal waktu dan kesempatan bertemu dan berkumpul karena kuliahnya dijogja, jadi cuma bisa ngurusin ketika bulan ramadhan, kegiatan hari besar, dan ketika perlombaan TPA saja. Sayangnya masih butuh kesadaran dari para remaja lainnya untuk dengan sendirinya mau membantu mengurus tanpa harus saya ikut atau mengingatkan.


Ya itulah ikhtiar dalam hidup bersama-sama, masalah sosial memang harus di selesaikan dengan bijak tanpa membuat masalah baru lainnya muncul. Yah berdoa semoga ada penerusnya aja. Semangat!!!!






No comments:

Post a Comment